Lapar Palsu: Bagaimana Ciri & Cara Mengatasinya?

Pernahkah kamu merasa tiba-tiba lapar padahal sudah baru saja makan? Atau masih tetap lapar padahal sudah makan dalam porsi sangat banyak sebelumnya? Atau mungkin yang pasti sering kamu alami adalah, merasa lapar mendadak ketika menonton siaran televisi yang membahas makanan.

Dalam dunia medis hal ini dinamakan False Hunger. Ini yang perlu kamu curigai! Bahwa sebenarnya rasa lapar itu bisa menipu dirimu, dia bukan cuma hadir karena perutmu benar-benar lapar tetapi juga muncul pada saat kamu merasa bosan, stres, dan godaan visual. Nah tipuan ini bisa sangat mengganggu nih apabila kamu sedang menjaga berat badan kamu.

But, don’t worry Mealyarder! Saat rasa lapar palsu itu muncul, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi rasa tersebut

Minum Air Putih atau Teh Hangat

Kenapa harus minuman hangat? Karena minuman hangat akan melakukan trik dengan cara mengirimkan pesan palsu ke otak bahwa perut sudah terisi. Hal ini disebabkan temperatur yang mirip antara minuman hangat dan makanan. Minuman juga punya peran mencegah dehidrasi bagi kamu yang malas minum.

Sikat Gigi

Kegiatan menyikat gigi bisa memberikan rasa intens sehingga sangat berkhasiat untuk menekan selera makan. Bahkan sekalipun anda memaksa untuk tetap makan, rasa makanan akan terasa kurang nikmat apabila dikonsumsi setelah menyikat gigi

Melakukan Aktifitas Fisik Ringan

Lapar bisa jadi muncul karena merasa bosan. Alihkan rasa lapar palsu ini dengan melakukan aktifitas ringan seperti berjalan kaki sebentar, berbincang dengan teman di sampingmu, atau membaca buku.

Makan Permen Karet

Sekali lagi sensasi menguyah bisa membuat otak terstimuli untuk merasa kenyang. Karena ada aktifitas menguyah sehingga otak menyimpulkan bahwa tubuh sedang mengonsumsi makan dan menghadirkan rasa kenyang. Untuk pilihan permen karet, cobalah memilih permen karet rasa mint dan sugar-free.

Leave a Reply

Your email address will not be published.