3 Jenis Ikan Paling Sehat Dan Enak

Ikan adalah makanan yang paling banyak mengandung protein selain ayam dan daging sapi. Tidak heran jika makan ikan sangat dianjurkan untuk masuk dalam menu makan sehari-hari, tidak hanya untuk anak-anak pada masa pertumbuhan tetapi juga bagi orang dewasa.

Namun walaupun dikenal sebagai negara maritim, konsumsi ikan di Indonesia bisa dibilang masih rendah. Padahal dibalik harganya yang cenderung lebih rendah dibandingkan daging sapi dan ayam, ada kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Di antara sekian banyak jenisnya, ada beberapa ikan yang ternyata paling sehat untuk dikonsumsi karena punya nilai gizi yang sangat beragam. 

  1. Sarden

Sarden adalah ikan berminyak kaya nutrisi. Dalam ikan sarden terkandung kalsium, zat besi, selenium, protein, vitamin B12, dan asam lemak omega 3. Sarden juga termasuk salah satu sumber kalsium dan vitamin D alternatif yang baik untuk kamu yang mempunyai alergi terhadap susu.

Sarden dalam kondisi segar sangat sehat untuk dikonsumsi, walaupun kita pasti lebih familiar dengan produk sarden kalengan di supermarket. Sedikit tips saat membeli sarden kalengan, bacalah label pada kemasan sarden dengan hati-hati. Pastikan kandungan minyak tambahan dan natriumnya tidak berlebihan.

 

  1. Tuna

Tuna adalah ikan yang kaya akan protein, asam lemak omega 3, dan selenium. Selenium memegang peranan penting untuk kesehatan yaitu sebagai antioksidan yang melindungi sel darah merah dari radikal bebas. Selain itu, selenium juga ternyata mampu mengikat senyawa merkuri di dalam tubuh ikan sehingga mengurangi bahaya saat dikonsumsi manusia.

Memang tidak semua tuna mengandung merkuri yang tinggi. Namun wanita hamil, ibu menyusui, bayi, dan anak-anak cenderung lebih rentan terhadap merkuri yang dapat merusak perkembangan sistem saraf. Oleh karenanya, porsinya perlu dibatasi, sekitar dua porsi/minggu.

 

  1. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk jantung. Selain itu salmon juga termasuk sumber vitamin D dan kalsium yang baik untuk menunjang kesehatan tulang, selenium yang membantu mendukung metabolisme tubuh, dan vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan otak dan tubuh.

Salmon liar jauh lebih sehat dibandingkan dengan salmon yang dibudidayakan. Salmon yang lepas bebas di lautan mengandung lebih banyak omega 3, vitamin, dan mengandung lebih sedikit lemak jenuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.