Usir Sakit Saat Musim Hujan

Periode akhir tahun hingga ke awal bulan April dikenal sebagai masa dimana cuaca sedang tidak menentu, cuaca panas terik saling bergantian dengan hujan deras. Mungkin sebagian mealyarder juga merasakan kehujanan baik di rumah, saat berangkat kerja, atau saat beraktifitas di luat ruangan.

Pergantian cuaca seperti ini biasanya membuat tubuh rentan akan gangguan kesehatan, hal ini disebabkan tubuh dipaksa beradaptasi secara instan terhadap perubahan suhu yang berbeda-beda setiap saat.

Apabila kamu termasuk orang yang sangat mudah sakit karena cuaca yang tak menentu, kami punya tips untuk kamu bisa survive dari serangan penyakit:

Mandi Setelah Terkena Hujan

Terkena air hujan memang tidak otomatis membuat kamu sakit, tapi kandungan partikel polusi dan bakteri sangat mungkin terhirup hidung. Cipratan dari genangan air di musim hujan juga bisa mendaratkan bakteri atau virus ke kulit. Disinilah manfaat mandi setelah hujan dibutuhkan.

Vitamin C

Vitamin C berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dari resiko infeksi atau penyakit. Antioksidan pada vitamin C membantu meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah stres dan kelelahan. Utamankan konsumsi vitamin C dari buah dan sayuran selain dari suplemen.

Kelola Stres

Musim hujan jelas mengundang stres. Mulai dari pakaian dan sepatu kebasahan, hingga telat ke kantor karena macet dan kebanjiran. Agar ketenangan jiwa tetap terjaga, kamu harus mampu mengendalikan stres misalnya dengan mendengarkan musik, tidur cukup, atau yoga.

Pola Makan Sehat

Atur pola makan yang sehat dan teratur untuk menguatkan daya tahan tubuh. Pastikan makanan mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat. Namun hindari makan berlebihan agar tidak menambah berat badan dan risiko terkena masalah kesehatan lain.

Kurangi Jajan Sembarangan

Mungkin kamu harus menunda sementara jajan sembarangan di pinggir jalan karena kebersihan yang tidak terjamin. Tidak jarang jajanan pinggir jalan berasal dari bahan dan lingkungan tidak higienis yang bisa jadi penyebab utama penyakit seperti keracunan makanan, diare, dan tipes.

Leave a Reply

Your email address will not be published.