Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

Tidur malam adalah suatu ritual yang punya peranan penting untuk kesehatan, fungsi otak, dan kondisi emosional. Bagi para pekerja tidur yang cukup dan teratur membuat kita bisa beraktifitas dengan baik sepanjang hari.

Bagaimanakah cara mendapatkan tidur yang berkualitas? Kira-kira kondisi apa yang harus dipenuhi agar kita bisa mendapatkan tidur baik, dan merasa segar keesokan harinya?

Berikut tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas:

  • Pastikan perut terisi dengan baik, karena rasa lapar bisa membuat tidur kurang nyaman. Tapi pastikan juga kamu makan 4 jam sebelum tidur, agar organ pencernaan tidak bekerja ‘lembur’ saat kamu tidur dan malah membuat kamu bangun dengan rasa lapar.

  • Batasi konsumsi air minum, agar saat tidur kamu tidak terganggu ingin buang air kecil. Hindari pula konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda, dan cokelat menjelang jam tidur karena dapat mengganggu jam tidurmu.

  • Berikan tanda kepada tubuh untuk mulai tidur. Pilih kegiatan seperti membaca dan mendengarkan musik sebelum tidur secara rutin. Kegiatan rutin ini nanti akan memberikan isyarat kepada tubuh untuk mulai tidur.

  • Jadwalkan tidur secara konsisten setiap hari, termasuk di akhir pekan. Hal ini bertujuan untuk mengatur jam internal tubuh sehingga tubuh mengerti kapan harus tidur.

  • Olahraga teratur di pagi hari dan olahraga ringan sebelum tidur sangat berefek positif terhadap tidur malam. Tapi jangan melakukan olahraga berat sebelum tidur, agar tubuh tidak melepaskan hormon stres kortisol yang malah membuat kamu melek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.